Pantai Sawarna

Keindahan Pantai Sawarna

Lanskap keindahan alam terselip menghadap Samudera Hindia. Pantainya berpasir putih, berair biru jernih dan berbukit hijau nan lebat. Panjang pantainya mencapai 65 km dihiasi karang dan pasir putih. Pantai ini adalah pantai terindah dari lima pantai yang dimiliki Provinsi Banten.

Perjalanan kurang lebih 7 jam dari Jakarta menggunakan mobil minibus.  Ada 2 Jalur menuju ke Sawarna pertama melalui Pelabuhan Ratu dan yang kedua melalui Serang, Banten.

Sawarna nama pantainya, berada di sebuah desa pesisir yang memiliki berbagai macam objek wisata menarik untuk dikunjungi seperti pantai, sungai, hutan, panjat tebing, gua, dan agrowisata. Wilayah pesisir indah ini menyatu dengan kisah mistis Nyai Roro Kidul dan ekploitasi batu bara di Bayah dan Lebak oleh penjajah asing.

Banyak orang tidak mengetahui Pantai Sawarna, pantai ini mempunyai pesona yang cukup menarik. Sawarna menyajikan pantai yang landai dan pasir putih. Di sepanjang pantai, terdapat karang besar yang indah, biasanya dikenal dengan nama Tanjung Layar.  Kita juga dapat merasakan serta menyapa beragam ikan hias dan terumbu karang, temukan keindahannya di Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Layar, Pantai Karang Bokor, Pantai Karang Seupang, Pantai Karang Taraje, dan Pantai Teluk Legon Pari.
Beberapa Goa disekitar pantai menambah daya tarik pantai ini, goa yang berbeda ukuran dapat Anda kunjungi seperti : Goa Lalay, Goa Sikadir, Goa Cimaul, Goa Singalong, dan Bukit Pasir Tangkil.  Goa di Sawarna merupakan gua karst (batu gamping) yang terbentuk dari masa Miosen awal. Maka dari itu Pantai Sawarna masuk dalam salah satu 7 kategori “The Hidden Paradise’ di Indonesia versi On the Spot trans 7.
Pantai Sawarna dikelilingi oleh lautan, pegunungan, dan persawahan, inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan domestik dan mancanegara. Bagi anda pecinta surfing Pantai Sawarna merupakan tempat yang cocok, banyak pelancong dari mancanegara datang hanya untuk menikmati surfing dengan ombak yang luar biasa besarnya.

Beberapa tempat yang harus dikunjungi jika ke Sawarna :

1. Tanjung Layar

Merupakan dua buah karang sangat besar berdiri kokoh menyerupai gapura di atas pantai yang hanya dipisahkan oleh garis dengan langit.

2. Karang Taraje

Merupakan karang yang tinggi dan jika ombak sangat besar, deburnya bisa pecah dan memercik tinggi. Sebagian limpahan airnya mengalir dan jatuh di balik karang. Jika dilihat akan tampak serupa air terjun.

3. Caving Goa Lalay

Caving atau susur goa adalah salah satu olahraga yang diminati pencinta alam. Di Sawarna kalian bisa menikmati olahraga ini menyusuri goa lalay.

Untuk Informasi Paket Wisata Sawarna , Klik dsini

Tinggalkan komentar